Resep: abon ayam pedas

resep kali ini masih bertemakan resep simple yang dapat di masak oleh anak kos loh, bahkan dapat menggunakan magicom alias rice cooker (awas bayar listrik naik loh wkwk). caranya cukup simpel dan tentunya sesuai buat anak kos yang serbaa irit hehe..oke silahkan dibaca 🙂

bahan:

daging ayam (tanpa tulang dan kulit)

minyak goreng

bawang putih

garam

kemiri

cabe

penyedap rasa

cara memasak

1. daging ayam sebelumnya di rebus dahulu agar empuk. dapat ditambahkan daun jeruk purut atau jeruk agar lebih kesat ketika di potong. setelah itu, potong daging ayam menjadi beberapa bagian, lalu cincang agar menjadi lebih kecil

2. haluskan bumbu-bumbu seperti cabe, bawang putih, kemiri dan garam (sesuai selera)

3. setelah bumbu siap, campurkan bumbu tersebut dengan ayam yang sudah dicincang lalu aduk sampai merata agar bumbu meresap

4. panaskan minyak goreng (2 sendok makan saja hanya untuk penggorengan awal). masukkan daging ayam yang sudah di campuri bumbu ke dalam wajan

5. aduk terus-menerus daging tersebut sampai warnanya kecoklatan dan kering

demikian resep simple abon daging ayam pedas 🙂

i have the english version if somebody from another country want to try it.

ingredient:

chicken (boneless)

cooking oil

garlic

salt

hazelnut

red pepper

flavoring

how to cook

1. boiled chicken meat earlier in order for the tender. you can add lime or orange leaves that are not mushy when cut. after that, cut the chicken into pieces, then chopped into smaller order

2. mashed ingredients such as red pepper, garlic, nutmeg and salt (optional)

3. after seasoning ready, mix the seasoning with chicken that has been chopped and stir until evenly to allow the flavors seep

4. heat the cooking oil (2 tablespoons of course only for the initial frying). enter the chicken meat that has been interfered seasoning in a pan

5. stirring constantly until it is lightly browned the meat and dry

Thus a simple recipe spicy shredded chicken meat 🙂

Advertisements

Resep: Telur Negro Asam Pedas

Kembali lagi sama menu makanan yang simple tapi gak terpikirkan. Ya, bahan dasarnya tentu bisa di tebak dari judul di atas kan? Haha kenapa negro? Ya karena gosong lah hehe bukan maksudnya warnanya hitam tapi gak gosong. Ide pembuatan lauk ini tercipta ketika rintik-ritik hujan sore hari membuat perut krucuk krucuk. Mau keluar males kan hujan, sementara di kamar Cuma ada 5 butir telur ayam kampung yang masih mentah, gula pasir, dan susu coklat cair. Gak nyambung semua kan tu kalau di campur, di campur pun ujung-ujungnya gak jadi makanan tapi minuman. Alias mead ala indonesia karena sodanya di ganti susu coklat hehe.

Oke langsung ke bahan dan gimana cara buatnya aja.

Bahan:

Telur mentah 3 butir

Daun bawang segar 2 ruas

Kecap pedas 1 botol

Mentega (blueband) 1 sache kecil

Alat:

Magic jar

Sendok

Pisau

Piring/mangkuk

Cara:

  1. Ketika kamu manasin nasi cukup taruh 3 butir telur tadi di atas nasi selama 45 menit.
  2. Selagi menunggu kamu bisa potong-potong daun bawang. Bentuknya sesuai seleramu yang penting nanti gampang matengnya pas di goreng.
  3. Ambil telur kupas kulitnya, potong dadu ukuran sesuka kamu tapi jangan kecil-kecil biar gak remuk kuning telurnya.
  4. Panaskan magic jar (menu cook) selama 5 menit. Panaskan mentega secukupnya dan masukkan daun bawang tadi orak-arik dengan sendok sampai layu dan baunya terasa.
  5. Sisihkan daun bawang di sisi magic jar. Perlahan masukkan telur yang sudah di potong tadi. Di bolak-balik agar merata tapi hati-hati agar kuning telurnya tidak banyak pecah.
  6. Setelah telur dan daun bawang matang. masukkan kecap pedas sesukamu aja.

Dan taaraa jadi deh. Memang rasa telur negronya kurang asin atau pas karena memang menu yang aku bikin ini non-msg dan memanfaatkan protein dari telur itu sendiri jadi lebih kelihatan aslinya. Dengan penambahan kecap tadi bisa melengkapi rasa yang kurang asin.

 

#tips:

  1. Telur yang di pakai ada baiknya telur ayam kampung atau telur asin. Ayam kampung di pakai karena rasanya lebih gurih dari pada telur dari ayam broiler biasanya. Telur asin agar rasanya asin tanpa msg atau penambahan garam lagi.
  2. Ada baiknya kamu masak nasi dulu baru menggoreng ini soalnya telur yang digunakan telur rebus tapi tanpa di rebus cukup di kukus saja. Agar vitamin b dan c dan protein larut dalam air yang ada di telur gak ikut larut di air melalui difusi-osmosis. Selain itu, telur yang di kukus lebih kesat dari pada yang di rebus.
  3. Penggorengan memakai mentega dipilih karena selain simple kandungan nutrisinya lebih baik dari pada minyak yang biasanya penyaringannya kurang baik. Selain itu cukup sedikit saja penggunaannya murah, praktis dan sehat untuk anak kos yang jarang masak gitu hehe.
  4. Kalau kamu belum puas sama rasanya kamu bisa menambahkan penguat rasa non-msg. Tapi ya cukup mahal sih dan rasanya pun kurang kuat seperti msg biasanya. Karen msg dibuat dari fermentasi bambu sedangkan penguat rasa dibuat dari bahan alami dari berbagai rempah-rempah.

*maaf belum ada gambar hehe