Macro in black with photoshop

DSCN1242b.jpg

 

halo.. para pembaca budiman nan baik hati, aku bakal ngasih tips lagi nih setelah lamaaa banget nggak ngepost (maklum penyakit males hehe). Buat pecinta, penyayang dan pengagum (alay dikit) fotografi makro pasti pengen kaan hasil jepret-jepretnya jadi ciamik atau sengaja buat update instagram biar kekinian ala-ala?. Tapi gimana dong, buat kamu yang sukaaak banget makro tapi nggak ada peralatan yang mendukung L seperti lensa makro DSLR dsb, yah sebagai mahasiswa adanya Cuma kamera hp doang atau camdig dengan level moderate. nggak ngejek loh, aku juga kok L *toss dulu*. Tenang kini ada photoshop dengan jutaan ide editing dan manipulasi, eit jangan seudzon dulu ya sebenarnya itu mubah kok di dunia fotografi. Gak percaya ? tanya deh kakek buyut google. Well.. disini aku mau ngasih tutorial tentang editing foto makro khusunya tema nature/botanical. Yuk deh cus, ini tutorialnya..

  1. siapkan foto makro bertema nature/botanical or something like that ya

buat yang belum punya aplikasi photoshop donlot dulu, minta ke temen, atau donlot yang crack (hehe gratisan). Buat yang udah punya bisa pake Photoshop seri berapapun CS atau CC juga bisaaa.. kalo aku pake yang CC. kini saatnya kamu buka foto di photoshop dengan langkah : file-open atau bisa juga pas kamu udah nemu fotonya klik kanan-open with-photoshop

tips: foto yang dipakai untuk editing sebisa mungkin memiliki detail zoom yang bagus, fokus dan pencahayaan yang baik. Seperti gambar punyaku, mana punya kamu~

step 1.PNG

  1. seleksi foto makromu

Disini adalah step yang bakal menentukan kualitas hasil editingmu. Yap, apalagi kalo bukan seleksi. Soal seleksi-menyeleksi ibu mertua lebih jago~ ee, bukan pencarian jodoh maap penulis sering baper.Β  Sebelumnya kamu perlu menduplikat layer background biar kalo salah gak cedih dan harus buka-buka file lagi.

-Klik kanan layer background-duplicate layer

Selanjutnya kamu bisa memilih tools seleksi di side bar, ada magic wand tool, quick selection dan lasso tool family (samping kiri tool magic wand). Aku pake quick selection tool dulu habis itu detail seleksi pake magic wand.

-quick selection tool : ada beberapa opsi di sini (side bar atas) jadi kamu bisa mengurangi atau menambah seleksi

– magic wand tool : idem seperti quick selection Cuma magic wand di sini lebih menyeleksi berdasarkan warnanya. Jadi kalo mau detailing cepet ini dia. simsalabim !

Tips : kalo kamu mau coba-coba bisa ngemix beberapa selection tool yang ada. Tapi kalo gak mau coba-coba ya udah ambil aman pake tools di atas aja πŸ˜‰

step 2.PNG

  1. tombol ajaib refine edge

Setelah seleksi diapain dong? Refine edge ! yep, tombolnya ada di bar bagian atas. Kalo di klik bakal muncul dialog box seperti ini gambar ini – klik output to new layer – then klik ok. Btw, gambar seleksi di bawah ini Cuma contoh loh ya, bukan whole picturenya. Untuk tahu segimana sih bentuk hasil seleksi kamu, cukup matiin *sadis~* layer backgroundnya – klik tanda mata

Tips : kamu bisa menyempurnakan hasil seleksi di refine edge dengan memilih pilihan edge detection-contreng smart radius-bisa pilih radius yang diinginkan.

step 3.PNG

  1. siapkan background

Langkahnya : klik icon new layer bagian bawah tab layer-pilih paint bucket tool (G) dan warnai dengan warna hitam. Cara ganti warnanya klik tanda panah di atas penel warna. Pastikan layer background ini di atas layer background awal atau kamu bisa menonaktifkan layer background awal.

step 4.PNG

  1. editing adjustment

Ini nih yang paling ditunggu-tunggu kalo pake photoshop. Pertama pastikan layer seleksi gambar kamu aktif – klik image-adjustment-brightness and contrast

Jangan buru-buru pake opsi levels yaa guys, sabar~ atur dulu pencahayaan dan kontrasnya. Di sini imaginasimu bakal terlatih karena efek dari cahaya datang dari foto sendiri kudu diperhatikan. Next.. baru adjustment levels.

step 3b.PNG

  1. finishing

Nah, kira-kira hasil akhirnya seperti ini ya. Tinggal kasih watermark ala-ala nama kamu, misal : ani, ana, ane, anu, ano dsb. Jadi deh~ tinggal save as-jpeg-upload instagram deh huehehe *seneng gak ketulungan* *berharap dapet like bejibun hehe*

buat tahu lebih lanjut tentang fotonya bisa tengok-tengok instagramku ya hehe *promo dikit*

Advertisements

Resep: abon ayam pedas

resep kali ini masih bertemakan resep simple yang dapat di masak oleh anak kos loh, bahkan dapat menggunakan magicom alias rice cooker (awas bayar listrik naik loh wkwk). caranya cukup simpel dan tentunya sesuai buat anak kos yang serbaa irit hehe..oke silahkan dibaca πŸ™‚

bahan:

daging ayam (tanpa tulang dan kulit)

minyak goreng

bawang putih

garam

kemiri

cabe

penyedap rasa

cara memasak

1. daging ayam sebelumnya di rebus dahulu agar empuk. dapat ditambahkan daun jeruk purut atau jeruk agar lebih kesat ketika di potong. setelah itu, potong daging ayam menjadi beberapa bagian, lalu cincang agar menjadi lebih kecil

2. haluskan bumbu-bumbu seperti cabe, bawang putih, kemiri dan garam (sesuai selera)

3. setelah bumbu siap, campurkan bumbu tersebut dengan ayam yang sudah dicincang lalu aduk sampai merata agar bumbu meresap

4. panaskan minyak goreng (2 sendok makan saja hanya untuk penggorengan awal). masukkan daging ayam yang sudah di campuri bumbu ke dalam wajan

5. aduk terus-menerus daging tersebut sampai warnanya kecoklatan dan kering

demikian resep simple abon daging ayam pedas πŸ™‚

i have the english version if somebody from another country want to try it.

ingredient:

chicken (boneless)

cooking oil

garlic

salt

hazelnut

red pepper

flavoring

how to cook

1. boiled chicken meat earlier in order for the tender. you can add lime or orange leaves that are not mushy when cut. after that, cut the chicken into pieces, then chopped into smaller order

2. mashed ingredients such as red pepper, garlic, nutmeg and salt (optional)

3. after seasoning ready, mix the seasoning with chicken that has been chopped and stir until evenly to allow the flavors seep

4. heat the cooking oil (2 tablespoons of course only for the initial frying). enter the chicken meat that has been interfered seasoning in a pan

5. stirring constantly until it is lightly browned the meat and dry

Thus a simple recipe spicy shredded chicken meat πŸ™‚

Telur Negro Asam Pedas

Kembali lagi sama menu makanan yang simple tapi gak terpikirkan. Ya, bahan dasarnya tentu bisa di tebak dari judul di atas kan? Haha kenapa negro? Ya karena gosong lah hehe bukan maksudnya warnanya hitam tapi gak gosong. Ide pembuatan lauk ini tercipta ketika rintik-ritik hujan sore hari membuat perut krucuk krucuk. Mau keluar males kan hujan, sementara di kamar Cuma ada 5 butir telur ayam kampung yang masih mentah, gula pasir, dan susu coklat cair. Gak nyambung semua kan tu kalau di campur, di campur pun ujung-ujungnya gak jadi makanan tapi minuman. Alias mead ala indonesia karena sodanya di ganti susu coklat hehe.

Oke langsung ke bahan dan gimana cara buatnya aja.

Bahan:

Telur mentah 3 butir

Daun bawang segar 2 ruas

Kecap pedas 1 botol

Mentega (blueband) 1 sache kecil

Alat:

Magic jar

Sendok

Pisau

Piring/mangkuk

Cara:

  1. Ketika kamu manasin nasi cukup taruh 3 butir telur tadi di atas nasi selama 45 menit.
  2. Selagi menunggu kamu bisa potong-potong daun bawang. Bentuknya sesuai seleramu yang penting nanti gampang matengnya pas di goreng.
  3. Ambil telur kupas kulitnya, potong dadu ukuran sesuka kamu tapi jangan kecil-kecil biar gak remuk kuning telurnya.
  4. Panaskan magic jar (menu cook) selama 5 menit. Panaskan mentega secukupnya dan masukkan daun bawang tadi orak-arik dengan sendok sampai layu dan baunya terasa.
  5. Sisihkan daun bawang di sisi magic jar. Perlahan masukkan telur yang sudah di potong tadi. Di bolak-balik agar merata tapi hati-hati agar kuning telurnya tidak banyak pecah.
  6. Setelah telur dan daun bawang matang. masukkan kecap pedas sesukamu aja.

Dan taaraa jadi deh. Memang rasa telur negronya kurang asin atau pas karena memang menu yang aku bikin ini non-msg dan memanfaatkan protein dari telur itu sendiri jadi lebih kelihatan aslinya. Dengan penambahan kecap tadi bisa melengkapi rasa yang kurang asin.

 

#tips:

  1. Telur yang di pakai ada baiknya telur ayam kampung atau telur asin. Ayam kampung di pakai karena rasanya lebih gurih dari pada telur dari ayam broiler biasanya. Telur asin agar rasanya asin tanpa msg atau penambahan garam lagi.
  2. Ada baiknya kamu masak nasi dulu baru menggoreng ini soalnya telur yang digunakan telur rebus tapi tanpa di rebus cukup di kukus saja. Agar vitamin b dan c dan protein larut dalam air yang ada di telur gak ikut larut di air melalui difusi-osmosis. Selain itu, telur yang di kukus lebih kesat dari pada yang di rebus.
  3. Penggorengan memakai mentega dipilih karena selain simple kandungan nutrisinya lebih baik dari pada minyak yang biasanya penyaringannya kurang baik. Selain itu cukup sedikit saja penggunaannya murah, praktis dan sehat untuk anak kos yang jarang masak gitu hehe.
  4. Kalau kamu belum puas sama rasanya kamu bisa menambahkan penguat rasa non-msg. Tapi ya cukup mahal sih dan rasanya pun kurang kuat seperti msg biasanya. Karen msg dibuat dari fermentasi bambu sedangkan penguat rasa dibuat dari bahan alami dari berbagai rempah-rempah.

*maaf belum ada gambar hehe

Tempe ayam adu gepuk (hahaha)

Bahan:

tempe 1 papan, ayam secukupnya (terserah), garam, bawang putih , bawang merah, lada, seledri, tepung bumbu ayam goreng, telur 1 , royco 1

cara:

-haluskan bumbu garam, bawang merah dan putih, lada

-iris ayam kecil-kecil (kecil banget). Setelah itu campur bumbu dan ayam di gepuk agar tekstur lebih halus.

– kemudian Β tempe di lumatkan satu tempat dengan ayam dan bumbu tadi. sebaiknya tempe daun agar tidak terlalu lembek.

-setelah adonan jadi, adonan di bentuk sesuai keinginan. Jika ingin lebih garing dibuat bentuknya tipis.

-selanjutnya ambil telur buang bagian kuningnya, jadi hanya putihnya saja.

-taruh tepung bumbu sajiku ayam goreng di tempat berbeda.

-setelah semua adonan tadi udah di bentuk masukkan satu-persatu ke dalam telur lalu ke tepung dan goreng. Begitu seterusnya tunggu sampai kuning kecoklatan.

NB: di coba dikit dulu aja nanti kalo gak enak πŸ˜€

2013-07-27 16.50.24