Sale pisang ala anak rantau

Kebiasaan yang tak bisa dihindari selama jadi mahasiswa selama ini adalah makan gorengan. Gorengan bisa jadi teman setia kala nonton film, makan siang-sore, atau hanya untuk pengganjal perut. Baik di kampus maupun lagi goler-goler di kosan. Pokoknya never ending gorengan lah ya~

Nah, di keisengan kali ini aku buat sale pisang. Kebetulan ada sedikit pisang dari rumah kemarin pas pulang, pengen dibuat apa gitu biar berasa-rasa. Jadilah ide sale pisang ala anak kos.

Resepnya sangaaat simpel kok buat anak rantau yang ngekos. Bahannya harus ada pisang yang sudah matang, dan tepung. Nah untuk tepung, kalau mau simpel yaa beli tepung pisang instan. Tapi, kalau kamu senang bereksperimen bisa juga menggunakan campuran tepung terigu dan tepung beras (9:1). Tepung beras ini fungsinya untuk membuat sale jadi kriuk kriukk alias renyah.

Cara membuatnya gampang banget. Pertama-tama, kamu perlu mengiris pisang dulu (tipis-tipis) dan menjemurnya di bawah sinar matahari kurang lebih 2-3 hari. Gunanya agar rasa manis dari pisangnya lebih keluar. Karena manisnya pisang kamu yang tentukan *apasih*. Selanjutnya, tinggal membuat adonan adonin~. Gampang ! Beli tepung instan aja hehe. Tapi, kalau kamu mau buat percobaan dari dua tepung tadi lebih bagus. Sekalian latihan jadi mak-emak kan nanti ? ;). Tipsnya perbandingan tepung berasnya harus lebih sedikiiit dari tepung terigu. Biar enggak keras pas sudah matang nanti.

Terakhir, tinggal goreng deh. Ingat jangan kelamaan dan disambi nglamun. Nanti gosong hehe.
Gimana cukup simpel kan buat anak kos?
Yuk ah, latihan masak biar enggak cupu hehe

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s