Telur Negro Asam Pedas

Kembali lagi sama menu makanan yang simple tapi gak terpikirkan. Ya, bahan dasarnya tentu bisa di tebak dari judul di atas kan? Haha kenapa negro? Ya karena gosong lah hehe bukan maksudnya warnanya hitam tapi gak gosong. Ide pembuatan lauk ini tercipta ketika rintik-ritik hujan sore hari membuat perut krucuk krucuk. Mau keluar males kan hujan, sementara di kamar Cuma ada 5 butir telur ayam kampung yang masih mentah, gula pasir, dan susu coklat cair. Gak nyambung semua kan tu kalau di campur, di campur pun ujung-ujungnya gak jadi makanan tapi minuman. Alias mead ala indonesia karena sodanya di ganti susu coklat hehe.

Oke langsung ke bahan dan gimana cara buatnya aja.

Bahan:

Telur mentah 3 butir

Daun bawang segar 2 ruas

Kecap pedas 1 botol

Mentega (blueband) 1 sache kecil

Alat:

Magic jar

Sendok

Pisau

Piring/mangkuk

Cara:

  1. Ketika kamu manasin nasi cukup taruh 3 butir telur tadi di atas nasi selama 45 menit.
  2. Selagi menunggu kamu bisa potong-potong daun bawang. Bentuknya sesuai seleramu yang penting nanti gampang matengnya pas di goreng.
  3. Ambil telur kupas kulitnya, potong dadu ukuran sesuka kamu tapi jangan kecil-kecil biar gak remuk kuning telurnya.
  4. Panaskan magic jar (menu cook) selama 5 menit. Panaskan mentega secukupnya dan masukkan daun bawang tadi orak-arik dengan sendok sampai layu dan baunya terasa.
  5. Sisihkan daun bawang di sisi magic jar. Perlahan masukkan telur yang sudah di potong tadi. Di bolak-balik agar merata tapi hati-hati agar kuning telurnya tidak banyak pecah.
  6. Setelah telur dan daun bawang matang. masukkan kecap pedas sesukamu aja.

Dan taaraa jadi deh. Memang rasa telur negronya kurang asin atau pas karena memang menu yang aku bikin ini non-msg dan memanfaatkan protein dari telur itu sendiri jadi lebih kelihatan aslinya. Dengan penambahan kecap tadi bisa melengkapi rasa yang kurang asin.

 

#tips:

  1. Telur yang di pakai ada baiknya telur ayam kampung atau telur asin. Ayam kampung di pakai karena rasanya lebih gurih dari pada telur dari ayam broiler biasanya. Telur asin agar rasanya asin tanpa msg atau penambahan garam lagi.
  2. Ada baiknya kamu masak nasi dulu baru menggoreng ini soalnya telur yang digunakan telur rebus tapi tanpa di rebus cukup di kukus saja. Agar vitamin b dan c dan protein larut dalam air yang ada di telur gak ikut larut di air melalui difusi-osmosis. Selain itu, telur yang di kukus lebih kesat dari pada yang di rebus.
  3. Penggorengan memakai mentega dipilih karena selain simple kandungan nutrisinya lebih baik dari pada minyak yang biasanya penyaringannya kurang baik. Selain itu cukup sedikit saja penggunaannya murah, praktis dan sehat untuk anak kos yang jarang masak gitu hehe.
  4. Kalau kamu belum puas sama rasanya kamu bisa menambahkan penguat rasa non-msg. Tapi ya cukup mahal sih dan rasanya pun kurang kuat seperti msg biasanya. Karen msg dibuat dari fermentasi bambu sedangkan penguat rasa dibuat dari bahan alami dari berbagai rempah-rempah.

*maaf belum ada gambar hehe