Kelabu Putih

kali ini saya akan memposkan sebuah cerpen seri yaitu yang di post secara bertahap.

Di suatu siang yang panas di sebuah jalan kecil agak teduh seorang gadis berseragam putih abu-abu panjang sambil menenteng tas ransel hitamnya berlari-lari mengikuti langkah gadis di depannya. Gadis itu tinggi dan berseragam sekolah panjang pula.  “wen, wendy..” teriak si  gadis  . Gadis itu berlari seraya memanggil wendyTulips. Namun, seseorang yang dipanggil wendy tersebut tidak menggubris. “wendy.. bukumu”.  Ulang gadis itu, “…bukumu matematika”. Sengal si gadis. Sesaat kamudian wendy hendak maneruskan langkahnya. Namun, mendengar kata ‘matematika’ wendy langsung berhenti dan menoleh, “apa? Matematika.. ehm bukuku?”. Kata wendy, “astaga, besok kan ujian”. Katanya dalam hati. Kemudian wendy mendatangi isna, gadis yang memanggil-manggilnya dari tadi. “oh, apa kamu memanggilku dari tadi?”. Tanya wendy “huh.. iya. Padahal sudah keras lo.. “. Balas isna, seraya memeberikan buku matematika wendy. “ maaf isna, aku kira teman-teman yang sering menggodaku ketika aku pulang. Apa kamu sudah belajar semuanya?”. “belum, aku bingung  yang bagian integral. Ajarin aku dong?”. “ apaan.. namanya matematika itu aku Cuma satu kali dapet nilai 9 itu pun waktu SD kelas 1 lagi. Kamu nih.. yang ikut bimbel”. Sahut wendy “bimbelku kan baru 2 minggu. Balum full downloadnya..hahaha”. balas isna nyengir  “ kamu sendiri wen, nungguin bisnya?”. tanya isna “ iyalah, kan enggak ada orang Cuma aku dan kamu. Ah kayak cowok cewek aja ngomongnya gitu”.  “ ya udah deh aku tungguin. Lagian masih panas juga, apalagi jalan ke rumah itu.” “ oke,. Eh tapi kelihatannya ada bus deh. Aduh.. maaf ya isna enggak bisa ngobrol lama. Besok deh ngobrol lagi”. Kata wendy sambil berjalan pelan menjauh dari sahabatnya.  “ yah.. wendy. Enggak apa-apa deh. Hati-hati ya..”. “ iya kamu juga”. Sahut wendy yang sudah enumpang di pinggir pintu bus. Isna mengangguk-anggukkan kepala. Dari kaca bus sekelebatan terlihat isna menstarter  sepesa motor mio merahnya dan memakai helm abu-abunya.

Di dalam bus wendy menyandarkan punggungnya di tempat duduk bus, kepalanya diletakkan menengadah ke atas sambil memejamkan matanya kemudian membukanya lagi. Kakinya di panjangkan kedepan untuk memangku tas ransel warna hitamnya. Melihat ke jendela kaca bus yang penuh pemandangan hijau sawah membuat pikirannya agak rileks setelah seharian berkutat dengan pelajaran eksak. Maklumlah dia memilih kelas ipa yang sekarang sedang duduk di bangku kelas 3 SMA. Memang dari kelas 1 dia sudah ingin masuk kelas ipa namun dia juga harus menerima konsekuensinya yaitu mendapatkan metamtika 6 jam per mingu, 4 jam fisika,kimia dan biologi perminggu. “tempel.. tempel..”. teriak kenek tiba-tiba ditengah jiruk pikuknya penumpang yang berjejalan. “saya.. aku pulang dulu ya teman-teman”. Kata seorang anak berseragam SMP. “daa.. hati-hati”. Balas temannya dari dalam  bus. Pikiran wendy melayang  ke masa SMP nya dulu. Ketika itu dia baru masuk kelas 1 SMP diantar oleh bapaknya naik sepeda motor, kecil,kurus,dan masih berwajah natural polos. Sebenarnya dia tidak suka di daftarkan ke MTsN (Madrasah Tsanawiyah Negeri)  itu oleh bapaknya. Namun, bapaknya memaksa karena hanya di sekolah itulah dia mendapatkan pendidikan agam aislam yang lengkap. Akhirnya pada tahun pertama wendy bersekolah, dia tak pernah benar-benar serius belajar. Menyatatpun ogah-ogahan, belajarnya kadangkala kalau ada PR, jika disekolah dia lebih sering ngobrol bersama teman-temannya. Hingga saat ujian pun datang dan akhirnya berujung pada peringkat yang hanya msuk dalam 20 besar. Nilainya, entah bagaimana bisa bagus. Kecuali matematika, yang dari dulu adalah pelajaran yang menurutnya menyebalkan… wendy merucutkan bibirnya……

 

 

penasaran bagaimana kelanjutannya? ikuti cerpen berseri ini, dan jangan lupa berilah komentar.

^_^

Advertisements

MIKRO ARTHROPODA

  By:

  Nuri Muahiddah (BDP’09)

  Afri Herlambang ( BDP’10)

LABORATORIUM HIDROBIOLOGI JURUSAN PERIKANAN

UNIVERSITAS GADJAH MADA

2012

mikro arthropoda

Hidup di berbagai habitat
Memiliki eksoskeleton
Peredaran darah terbuka
Coelomate
—
•Filum arthropoda
•Subfilum trilobita
•Subfilum uniramia
•Subfilum chelicerata
•Subfilum crustacea
•Class chepalocarida
•Class remipedia
•Class branchiopoda
•Class ostracoda
•Class maxilopoda
•Class malacostraca
•Ordo isopoda
•Ordo amphipoda
•Ordo stomatopoda
•Ordo decapoda
•Ordo euphausiacea

 

Thorax dan abdomen menyatu
Appendage berbentuk phyllopodus
Tidak memiliki chepalotorax
Berkembangbiak dg parthenogenesis
Terbagi dalam 4 ordo: anostraca, notostraca, cladocera, conchostraca.
—

Daphnia sp.

vDikenal dg fleas karena pergerakannya seperti melompat
vHidup di air tawar
vMakanan berupa plankton
vBerkembangbiak dg bertelur
vTahan terhadap segala kondisi
 
vSegmen badan tidak kelihatan
v Pada  bagian ventral kepala terdapat paruh, dan pada bagian dorsal bersatu.
vKepala terdapat lima pasang opendik yaitu : antena pertama dan antena kedua  yang berfungsi sebagai alat gerak, tiga pasang terakhir adalah bagian dari mulut.
vTubuh ditutupi cangkang dari kutikula yang mengandug khitin yagn trasparan.
v Pada ujung post abdomen terdapat dua kuku yang  berduri kecil.
vPerkembangan daphnia sp. Yaitu secara asseksual / parthenogenesin & secara seksual  / kawin.

 

Artemia sp.
Habitat di perairan bersalinitas
Filter feeder
Tidak berkarapase
Reproduksi dengan perkawinan atau parthenogenesis.
 
 
 

this is my new blog

i do not have a long blog

i think, i can share my mind in here

and don’t forget visit my new blog