Macro in black with photoshop

DSCN1242b.jpg

 

halo.. para pembaca budiman nan baik hati, aku bakal ngasih tips lagi nih setelah lamaaa banget nggak ngepost (maklum penyakit males hehe). Buat pecinta, penyayang dan pengagum (alay dikit) fotografi makro pasti pengen kaan hasil jepret-jepretnya jadi ciamik atau sengaja buat update instagram biar kekinian ala-ala?. Tapi gimana dong, buat kamu yang sukaaak banget makro tapi nggak ada peralatan yang mendukung L seperti lensa makro DSLR dsb, yah sebagai mahasiswa adanya Cuma kamera hp doang atau camdig dengan level moderate. nggak ngejek loh, aku juga kok L *toss dulu*. Tenang kini ada photoshop dengan jutaan ide editing dan manipulasi, eit jangan seudzon dulu ya sebenarnya itu mubah kok di dunia fotografi. Gak percaya ? tanya deh kakek buyut google. Well.. disini aku mau ngasih tutorial tentang editing foto makro khusunya tema nature/botanical. Yuk deh cus, ini tutorialnya..

  1. siapkan foto makro bertema nature/botanical or something like that ya

buat yang belum punya aplikasi photoshop donlot dulu, minta ke temen, atau donlot yang crack (hehe gratisan). Buat yang udah punya bisa pake Photoshop seri berapapun CS atau CC juga bisaaa.. kalo aku pake yang CC. kini saatnya kamu buka foto di photoshop dengan langkah : file-open atau bisa juga pas kamu udah nemu fotonya klik kanan-open with-photoshop

tips: foto yang dipakai untuk editing sebisa mungkin memiliki detail zoom yang bagus, fokus dan pencahayaan yang baik. Seperti gambar punyaku, mana punya kamu~

step 1.PNG

  1. seleksi foto makromu

Disini adalah step yang bakal menentukan kualitas hasil editingmu. Yap, apalagi kalo bukan seleksi. Soal seleksi-menyeleksi ibu mertua lebih jago~ ee, bukan pencarian jodoh maap penulis sering baper.  Sebelumnya kamu perlu menduplikat layer background biar kalo salah gak cedih dan harus buka-buka file lagi.

-Klik kanan layer background-duplicate layer

Selanjutnya kamu bisa memilih tools seleksi di side bar, ada magic wand tool, quick selection dan lasso tool family (samping kiri tool magic wand). Aku pake quick selection tool dulu habis itu detail seleksi pake magic wand.

-quick selection tool : ada beberapa opsi di sini (side bar atas) jadi kamu bisa mengurangi atau menambah seleksi

– magic wand tool : idem seperti quick selection Cuma magic wand di sini lebih menyeleksi berdasarkan warnanya. Jadi kalo mau detailing cepet ini dia. simsalabim !

Tips : kalo kamu mau coba-coba bisa ngemix beberapa selection tool yang ada. Tapi kalo gak mau coba-coba ya udah ambil aman pake tools di atas aja 😉

step 2.PNG

  1. tombol ajaib refine edge

Setelah seleksi diapain dong? Refine edge ! yep, tombolnya ada di bar bagian atas. Kalo di klik bakal muncul dialog box seperti ini gambar ini – klik output to new layer – then klik ok. Btw, gambar seleksi di bawah ini Cuma contoh loh ya, bukan whole picturenya. Untuk tahu segimana sih bentuk hasil seleksi kamu, cukup matiin *sadis~* layer backgroundnya – klik tanda mata

Tips : kamu bisa menyempurnakan hasil seleksi di refine edge dengan memilih pilihan edge detection-contreng smart radius-bisa pilih radius yang diinginkan.

step 3.PNG

  1. siapkan background

Langkahnya : klik icon new layer bagian bawah tab layer-pilih paint bucket tool (G) dan warnai dengan warna hitam. Cara ganti warnanya klik tanda panah di atas penel warna. Pastikan layer background ini di atas layer background awal atau kamu bisa menonaktifkan layer background awal.

step 4.PNG

  1. editing adjustment

Ini nih yang paling ditunggu-tunggu kalo pake photoshop. Pertama pastikan layer seleksi gambar kamu aktif – klik image-adjustment-brightness and contrast

Jangan buru-buru pake opsi levels yaa guys, sabar~ atur dulu pencahayaan dan kontrasnya. Di sini imaginasimu bakal terlatih karena efek dari cahaya datang dari foto sendiri kudu diperhatikan. Next.. baru adjustment levels.

step 3b.PNG

  1. finishing

Nah, kira-kira hasil akhirnya seperti ini ya. Tinggal kasih watermark ala-ala nama kamu, misal : ani, ana, ane, anu, ano dsb. Jadi deh~ tinggal save as-jpeg-upload instagram deh huehehe *seneng gak ketulungan* *berharap dapet like bejibun hehe*

buat tahu lebih lanjut tentang fotonya bisa tengok-tengok instagramku ya hehe *promo dikit*

Bercanda di samudera

mata beradu mata pada kedua kalinya

berpapasan dengan pasangan mata lainnya

penuh tanda dan tanya

mendesaak, memaksa dalam kebenarannya

pagi itu cukup bahagia,

melihat kita dalam tawa lepas tanpa jeda

sembari bermain air di samudera hindia

kita, untuk pertama kalinya

menghiraukan tatapan yang nyata, disekeliling kita

nyiur diseberang nampak fatamorgana

 

 

Pada ocehan-ocehan yang ironi

Kubungkam hal yang sepertinya tak layak

mengatur sama berat antara ini dan itu

menjaga sedemikian rupa agar tidak pernah luput

aku mengikuti baris-baris percakapan,

dimana mereka hanya diam

dan aku merasa merendahkan diriku sendiri

kali ini ya

aku benar-benar ingin membuka topeng

setahun,

waktu yang cukup lama untuk menekan ‘ubun-ubun’

aku pergi

pada ocehan-ocehan yang hanya sekilas pergi tanpa dimengerti

pada ocehanku yang ironi untuk kalian

Sampai berjumpa di masa depan

 

 

Pertentangan ini

pada baris-baris tombol, aku adukan kegusaranku

menelisik apa yang tersirat di fikir

menunggu jawaban dari hati untuk memutuskan

haruskah kegigihan ini kalah hanya dengan hujan sehari?

hal apa yang membuat diri semakin iri?

pelik,

selalu seperti biasanya

hanya tombol dan kertas yang bisa merasakannya,

aku tahu ini terlalu awal

tapi, mengapa diri selalu lemah?

mencoba-coba, ketergantungan, dan semakin ambisius

haruskah aku lari kedua kalinya, untuk membunuh dan menikam hati?

tega, mengapa tak kubunuh saja dari hari kemarin

kemana saja aku?

kemana saja?

terlalu optimis akan cerita ini, iya?

coba tengok alasan kepergian kemarin

masih kurang jelaskah?

berjanji akan menjaga hati sendiri, tapi nyatanya?

kamu telah menjatuhkan itu lagi

pada siapa?

pada orang yang tak kau kenal, lagi

ya, baiklah.

pergi saja sejenak, jika itu menjawab kegusaran ini

 

menunggu dan menunggu

menunggu,

adakah kabar baik setelah bersusah payah dengan kata itu

adakah jawaban bahagia atas pertanyaan di dada

adakah seolah ia menjadi nyata?

menunggu,

bagai anak gadis mendamba sang pujaan

memanggil dalam diam di diri

seakan akan terpenuhi

menunggu,

sebuah kata tanpa jawaban pasti

pada siapa ia akan datang

untuk apakah ia akan kembali

menunggu,

seribu tanya di hati dengan satu jawaban tak pasti

hingga panjangnya doa kadang tak terpenuhi secara utuh

 

pecutan sebendel kertas pucat

malam menutup senja dengan perlahan

membuka kembali memori isi kepala

menoreh tinta-tinta pikiran pada kertas digital

memecut badan seolah tak tertahankan

sang malam yang begitu kelam kala ini

bunga-bunga di hati berubah menjadi mati

digantikan sepucuk nasib diujung ubun-ubun

ayo, lekas berpikir, kataku dalam diri

dan yang tertulis ternyata cerita lain,

tentang impian dan ambisiku

bukan tentang sebendel kertas berwajah pucat

 

jika yang menjadi nyata

jatuh cinta selalu membuat kita lemah dan pusing

tak ada kata bahagia yang hakiki untuk menggambarkan jatuh cinta

ia hanyalah segumpal perasaan yang menjelma dari keputusasaan

pun untukmu sang pengikutnya

sedikit sarkasme untuk kata ‘jatuh’

lahir dari sebuah ironi kehidupan

membawa hidupmu ke dalam alam fatamorgana

menyulap lilin menjadi lampu-lampu taman nan indah

menghilangkan sesak di dalam aliran darah

tahukah? jatuh, tidak akan pernah ke atas tapi ke bawah

bangun, maka kata yang tepat adalah bangun cinta

ia tak pernah menawarkan emosi semata

tanpa perjuangan hanya dengan kata-kata

ia nyata, tak pernah mempermainkan jiwa

sebuah kolase panjang yang seolah menderita, memang

penuh keputusasaan dan sejumlah hal membingungkan hati

menggoyahkan kepercayaan,

tapi, yakin lah

ia tak datang dengan tangan hampa

akan ada sekelompok binar-binar yang akan menghiasi tangis bahagiamu

maka, bertahanlah.

bertahanlah wahai hati yang lemah

‘bangun’ ia, seberapapun susahnya